SUMBER
(RESOURCES) TERKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PENERAPANNYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Pendidikan

Dosen
Pembimbing :
Ismatul Maula, M.Pd
Disusun Oleh :
Assayyidatul Arifah (1811170002)
Fedra Angelia (1811170006)
Mawardah Tul Jannah (1811170011)
Nurul Hasanah (1811170015)
Nurul Syafika (1811170016)
Siska Zulaini (1811170018)
Siti Samsinar ((1811170019)
Sri Hidayati (1811170020)
PAI IVA
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH DAN KEGURUAN
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
BENGKALIS
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya kami dapat menyesaikan makalah
Teknologi Pendidikan, yang berjudul Sumber Teknologi
Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan Agama Islam.
Dalam penulisan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan baik dari
segi tulisan maupun paparan dari isi. Tegur sapa dari para arif pembaca
sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah selanjutnya, dan sebelumnya kami
ucapkan banyak terima kasih Kepada Allah SWT kami mohon taufiq dan
hidayah-Nya,semoga dalam penyelesaian makalah ini senantiasa dalam
keridhaan-Nya dan bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Bengkalis,
25 Maret 2019
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
pengantar................................................................................................... i
Daftar
isi............................................................................................................. ii
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................... 1
Latar
Belakang............................................................................ 1
Rumusan
Masalah........................................................................ 2
Tujuan.......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
Pengertian Sumber Teknologi Pendidikan................................ 3
Sejarah perkembangan teknologi pendidikan dan
contohnya... 3
Sumber-Sumber Teknologi Pendidikan..................................... 7
Penerapannya dalam Pendidikan Agama Islam...................... 15
BAB III PENUTUP
Kesimpulan................................................................................ 20
Saran.......................................................................................... 21
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 22
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Teknologi
pendidikan adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan
meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan,
dan mengelola proses teknologi yang tepat dan sumber daya. Sumber
daya jangka dipahami untuk memasukkan alat-alat, bahan, perangkat, pengaturan,
dan orang-orang bahwa peserta didik berinteraksi dengan untuk memfasilitasi
pembelajaran dan meningkatkan kinerja. Kedua jenis sumber daya dan bagaimana
sumber daya tersebut digunakan berfungsi untuk membedakan apa yang
dilakukan oleh teknologi pendidikan dari upaya-upaya serupa di bidang lain.
Teknologi
memiliki nilai tambahan dalam proses pembelajaran, hal ini di karenakan dalam
dunia pendidikan kebutuhan ilmu pengetahuan semakin meningkat dan tidak
semuanya bisa diperoleh dalam lingkungan sekolah. Demikian pula pada saat
melakukan pertukaran data dan informasi antar sekolah, sekolah dengan
masyarakat, sekolag dengan pemerintah daerah dan pusat, utamanya dalam
pendidikan islam dan lain-lain, semuanya akan lebih efektif dan efisien jika
memanfaatkan teknologi dalam kemajuan pendidikan tersebut.[1]
Bab ini dimulai dengan karakteristik
mendefinisikan, dan kemudian, itu survei evolusi dari berbagai jenis sumber
daya dan survei bagaimana muncul teknologi telah mempengaruhi lapangan. Bagian
kedua dari bab ini membedakan media yang analog dan digital, memeriksa secara
lebih mendalam bagaimana alat digital telah mengubah lanskap teknologi pendidikan. Hal
ini juga membahas bagaimana pengaturan dan orang-orang yang menggunakan sumber
daya.
B.
Rumusan
masalah
1.
Apa
pengertian sumber teknologi pendidikan ?
2.
Sejarah
perkembangan teknologi dan contohnya?
3.
Apa
sumber-sumber teknologi pendidikan ?
4.
Bagaimana
penerapannya dalam pendidikan agama islam ?
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui pengertian sumber teknologi pendidikan
2.
Untuk
mengetahui sejarah perkembangan teknologi dan contohnya
3.
Untuk
mengetahui sumber-sumber teknologi pendidikan
4.
Untuk
mengetahui penerapannya didalam pendidikan agama islam
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
sumber teknologi pendidikan
Dalam konteks definisi saat ini, istilah teknologi, sebagai modifikator sumber
menunjukkan bahwa sumber daya dibuat dan digunakan di pendidikan teknologi yang paling sering adalah alat, bahan, perangkat, pengaturan, dan
orang-orang. Sumber daya
lainnya, seperti sumber daya
alam atau sumber daya
politik, tidak dianggap
terutama teknologi atau pendidikan dan karena itu tidak
tengah ke lapangan. Sementara profesional teknologi pendidikan
mungkin memang memahami dan
memperhitungkan alam, politik,
atau lainnya.
Jenis sumber daya non-teknologi, merupakan teknologi yang menyediakan fokus pada
alat, bahan, perangkat, pengaturan, dan
orang-orang sebagai sumber utama
yang
digunakan
untuk memecahkan belajar dan masalah kinerja. Ada baru-baru ini telah penekanan yang signifikan dalam literatur pada penggunaan yang lebih baru, sumber daya digital,
hampir dengan mengesampingkan sumber
historis tradisional
analog. Namun
dalam hal praktek yang sebenarnya,
sumber analog seperti buku teks, proyektor overhead,
dan perekam kaset video (VCR) masih digunakan
secara luas di kedua pengaturan perusahaan dan pendidikan.
B.
Sejarah perkembangan teknologi pendidikan dan contohnya
Perkembangan teknologi adalah perubahan
sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Selama beribu-ribu tahun lalu
teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk- bentuknya tidak
secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini.
a.
Sejarah teknologi
pendidikan
1.
Masa pra-sejarah
Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan terbuat dari batu,
perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah
Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.
2.
Teknologi zaman kuno
Pada masa ini teknologi sudah berkembang ke arah kontruksi, maritim,
pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengenal bagaimana membangun
sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap rumit. Contohnya Piramid, Kapal,
Mercusuar dan jam matahari.
3.
Teknologi abad pertengahan hingga
era modern
Pada masa ini teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan, hal
ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, seperti di bidang astronomi,
medis, matematika, militer hingga ilmu kartografi. Contohnya busur silang,
mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.
4.
Teknologi era revolusi industri
Perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai
jenis mesin berhasil dibuat yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi
tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini.
Contohnya Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan
sepeda.
5.
Teknologi di abad -20
Pada masa ini. Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan. Teknologi dalam
bidang lain pun berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil
diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti
sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan
untuk umum dan komersil.
Contoh teknologi lain Abad 20: Kulkas,
Teknologi vaksinasi, vakum, microwave.
6.
Perkembangan
teknologi abad 21
Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari
teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi
informasi, dan hal lainnya.
b.
Jenis-jenis teknologi
Perkembangan dapat
dilihat dari aneka inovasi teknologi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi
menyentuh berbagai macam sektor, mulai dari :
1.
Teknologi dalam bidang ekonomi
Kemajuan teknologi di bidang ekonomi ini
berupa perkembangan sistem keuangan yang digunakan. Jika dahulu orang melakukan
bertransaksi secara real atau nyata, atau berhadapan antara pembeli dengan
penjual, maka kini beralih menjadi online. Selain itu, sistem keuangan juga
jadi berubah menjadi e-money.
2.
Teknologi pangan
Sistem pertanian yang ada saat ini
tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada zaman dahulu, mulai dari bibir,
sistem tanam, serta teknik menanamnya.
3.
Teknologi informasi
Kemajuan informasi ini ditandai dengan
mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi melalui Internet dengan berbagai perangkat teknologi yang ada.
4.
Teknologi komunikasi
Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan
mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak
yang cukup jauh.
5.
Teknologi transportasi
Salah satu kemajuan dalam bidang
transportasi ini adalah adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang
mempermudah seseorang untuk mengangkut barang atau bepergian dari 1 temat ke
tempat lain dengan mudah.
6.
Teknologi medis
Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini
adalah ditemukannya berbagai macam vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit
berbahaya.
7.
Teknologi pendidikan
Adapun teknologi yang turut berkembang
dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik,
tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan,
dll.
c. Contoh
teknologi terbaru di dunia
Adapun berbagai contoh
teknologi yang berhasil diciptakan dari mulai teknologi yang sering kita jumpai
seperti Komputer, Laptop, Handphone, Mesin- Mesin, Mobil Motor dan lain
sebagainya dan juga Teknologi terbaru yang mungkin belum anda kenal sebelumnya,
seperti :
·
Wigig adalah teknologi yang
diproyeksikan menggantikan penggunaan Wifi
·
Matrix Power Watch dengan daya baterai yang dapat dicash dari panas tubuh
·
Invicible Car Mobil yang dapat mengubah warnanya sesuai lingkungan seperti bunglon.
C. Sumber-sumber teknologi pendidikan
1. Sumber yang tepat digunakan
Istilah yang tepat digunakan untuk memodifikasi
sumber daya menunjukkan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak yang
digunakan dalam pendidikan harus dipilih dengan pertimbangan kesesuaian mereka
dan kompatibilitas dengan tujuan pendidikan. Kriteria pertama kesesuaian adalah
bahwa mereka harus dipilih melalui proses yang memenuhi standar profesional.
Sebuah standar profesional kedua adalah bahwa anggota mengikuti “suara prosedur
profesional untuk evaluasi dan pemilihan bahan dan peralatan” (AECT).
Makna
dari ini untuk menyinggung yang digunakan pendidikan secara umum, misalnya
pemilihan bahan koleksi sekolah media center atau koleksi sumber daya pusat
perusahaan. Ketika sumber daya yang sedang dipertimbangkan untuk digunakan
sebagai bagian dari pelajaran atau program intruksional.
Kriteria
efektifitas dan efesiensi sekarang harus di sertakan. Evektifitas mengacu pada kesesuaian
dan kompatibilitas sumber daya yang diberikan berkaitan dengan tujuan
instruksional tertentu kemungkinan menghasilkan hasil dan positif keberlanjutan
dalam pengaturan lokal.
Efesiensi
mengacu mengacu pada penggunaan yang bijaksana waktu dan sumber daya, termasuk
upaya teknologi pendidikan itu sendiri, karena anggaran setiap orang terbatas,
pembeli harus mempertimbangkan mana perangkat keras dan perangkat lunak akan
memberikan manfaat terbesar bagi sebgian besar peserta didik atau manfaat
terbesar bagi keberhasilan organisasi.
2. Sumber yang dirancang vs sumber yang siap
dimnfaatkan
Beberapa sumber dapat digunakan untuk
memfasilitasi pembelajaran karena mereka secara khusus dirancang untuk tujuan
pembelajaran. ini biasanya disebut dengan bahan ajar atau sumber daya. Sumber
lain ada sebagai bagian dari normal, dunia sehari-hari, tetapi dapat ditemukan,
diterapkan, dan digunakan untuk tujuan pembelajaran.
Ini juga di sebut sumber daya dunia nyata.
Dengan demikian, beberapa sumber daya menjadi sumber belajar dengan desain dan
dari lain-lain menjadi sumber belajar dengan desain menjadi sumber dengan
pemanfaatan. Perbedaan ini penting karena membuat jelas dunia nyata, sumber
daya serta sumber daya yang dirancang sebagai bidang perhatian untuk teknologi
pendidikan.
Tanpa definisi inklusif ini, orang-orang belum
ditentukan untuk pengunaan intruksional mungkin tidak dianggap sebagai sumber
daya. Gagasan ini di nyatakan dengan jelas dalam definisi sumber daya adalah
sumber dukungan untuk belajar, termasuk sistem dukungan dan bahan pembelajaran
dan lingkungan. Sumber daya dapat mencakup apa pun yang tersedia untuk membantu
individu belajar belajar dan melakukan kompeten.
Hal ini sangat penting untuk memasukkan sumber
daya dengan pemanfaatan, terutama dengan peningkatan yang signifikan dalam
penggunaan jenis sumber daya informasi lingkungan belajar yang kaya. Apakah
mereka analog atau digital, yang digunakan oleh desain atau pemanfaatan, sumber
daya memainkan peran integral dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan
kinerja.
3. Sumber
alat, bahan dan perangkat
Sebagai
teknologi telah muncul dan berkembang, istilah alat, bahan, dan perangkat telah
digunakan dalam banyak cara. Contoh spesifik dari penciptaan, penyimpanan dan
pengunaan vidio pelatihan, yang menyediakan sala satu cara konseptualisasi
hubungan antara istilah-istilah ini.
Selain
alat-alat, bahan dan perangkat, istilah media banyak juga digunakan di lapangan,
meskipun dengan sejumlah arti yang
berbeda. Dalam bahasa populer, media mengacu ada perusahaan komunikasi massa
misalnya radio, televisi atau koran. Dalam teknologi pendidikan, istilah ini
telah digunakan untuk menunjuk sistem pengiriman melalui mana pesan yang
disampaikan dengan hal pengguna dicetak, gambar, televisi film suara atau bisa
dilihat dengan baan ajar sendiri seperti slide, filmstrips, dan lain-lain. Saat
ini paling sering digunakan untuk merujuk pada perangkat fisik yang menyimpan
data ( disket, flash drive, CD atau DVD ROM).
a. Alat
analog
Dalam
penggunaan sehari-hari, analog hanya berarti sesuatu yang menyerupai sesuatu
yang lain. Oleh karena itu, analog adalah obyek atau ide yang digunakan sebgai
titik acuan untuk menjelaskan beberapa ide lain.
Dengan
eksistensi, istilah analog digunakan untuk merujuk kepada semua media AV yang
tidak didigitalkan, seperti slide, filmstrips, dan film, serta kaset dan kaset
video. beberapa akan mempertimbangkan ini artefak sejarah, karena mereka
sebagian besar digantikan oleh setara digital, terutama untuk kompresi lebih
besar penyimpanan dan transmisi lebih mudah melalui jaringan komputer. Namun,
media analog terus dihargai untuk kesetiaan mereka yang tinggi reproduksi
(misalnya, slide yang memproyeksikan gambar besar dalam definisi tinggi) dan
kegunaan mereka tanpa intermediasi komputer.
Meskipun
kemajuan saat ini dilapangan jelas berpusat pada penggunaan sumber daya
digital, warisan lapangan adalah dalam penggunaan sumber daya analog untuk
meningkatkan pendidikan. bahkan di tengah-tengah apa yang banyak dilihat
sebagai sebuah revolusi digital, sumber-terutama analog overhead projector,
VCR, dan disusun secara lokal materi cetak-tetap merupakan bagian integral dari
sebagian besar pengaturan instruksional. atribut penting dari sumber-termasuk
analog definisi tinggi, kemudahan pembuatan, customizability, dan hambatan
pengetahuan yang lebih rendah untuk digunakan-akan cenderung memastikan bahwa
mereka akan terus digunakan di berbagai lingkungan belajar mengajar baik ke
masa depan.
b. Alat
digital
Media
digital adalah mereka yang disimpan dan ditransmisikan dengan cara
menggunakan kode digital, biasanya biner
kode-0 atau 1, mati atau hidup. tidak seperti media yang analog,
representasi-digital serangkaian nol dan yang-tidak memiliki kemiripan dengan
gambar asli atau suara, yang mungkin awalnya dicatat melalui cara-cara analog. Keuntungan dari penyimpanan digital adalah
bahwa data umumnya lebih mudah untuk memanipulasi, lebih kompak untuk
menyimpan, dan presentasi yang dihasilkan dapat ditularkan atau direproduksi
beberapa kali tanpa kehilangan kualitas.
Saat
ini, format khas media digital adalah menampilkan komputer, halaman Web,
compact disk, cakram vidio digital, video game, dan e-book. Sulit untuk
memprediksi alat, bahan, atau perangkat akan terjadi di lima, sepuluh, atau dua
puluh tahun. tren saat ini dan kemajuan dalam kemampuan alat digital dan
perangkat, bersama dengan cara-cara inovatif untuk menggunakan mereka, arahkan
ke tren komersial di masyarakat untuk menggabungkan fungsi dan fitur bersama
menjadi satu teknologi yang terintegrasi. Teknologi pendidikan saat ini
sering bekerja dengan teknologi yang terintegrasi digital untuk lebih
memudahkan pembelajaran dan meningkatkan kinerja dalam berbagai pengaturan.
Saat ini, yang paling umum digunakan teknologi yang terintegrasi, dari
perspektif hardware, adalah komputer pribadi.
1. Komputer
Meskipun
sangat berguna, versi awal dari teknologi analog terintegrasi sering memiliki
kelemahan menjadi rumit dan membutuhkan tingkat tinggi keahlian teknis.
Komputer terutama komputer rumah menawarkan potensi kemudahan penggunaan dan
kenyamanan yang teknologi terpadu lainnya telah kekurangan. Komputer gabungan
beberapa fungsi dari alat sebelumnya dan perangkat, dan disampaikan instruksi
dalam paket yang mudah dan nyaman untuk instruktur dan pelatih.
Komputer
saat ini alat utama yang bahan ajar diciptakan. Pengolah kata mungkin setara
digital dari pensil dan kertas dalam hal itu dianggap dimana-mana selalu
tersedia dan kebutuhan telanjang untuk membuat bahan ajar. Cara yang paling
khas menyimpan (tabungan) bahan ajar digital hard drive internal, floppy disk,
CD, DVD, USB flash drive, atau server Internet.
2. Internet
Mungkin
menambahkan fungsi yang paling signifikan dari komputer adalah akses ke
Internet pada 1990-an. Peningkatan pesat dalam koneksi ke Internet di awal
1990-an sangat memperluas potensi untuk berbagi informasi di kejauhan. Dalam
hal fungsi yang terintegrasi, komputer siap. Internet secara umum menggantikan
sebagian besar alat dan perangkat yang mendahuluinya. Sedangkan bahan tentu
yang paling instruksional diciptakan dengan komputer pribadi, dan sering
pengolah kata, tren saat ini mengarah ke penekanan peningkatan pada penciptaan
bahan ajar untuk World Wide Web, dengan berbagai alat yang tersedia untuk
tujuan ini.
3. World
Wide Web browser berbasis komputer.
Saat
ini merupakan sarana utama mengakses bahan ajar di internet. Jenis bahan ajar
tersedia untuk digunakan dengan komputer termasuk perangkat lunak pendidikan,
game pendidikan, simulasi instruksional, software edutainment, video
instruksional, bahan referensi, rekaman audio, dan film. Sementara sebagian
besar bahan ini tersedia melalui CD atau DVD, tren saat ini mengarah ke
mengakses materi digital secara langsung melalui internet.
4. Lingkungan
interaktif
Pendidikan
telah lama menghargai nilai metode yang mmelibatkan peserta didik secara
mendalam dalam pengaturan masalah realistis. simulasi dan permainan simulasi
memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi situasi dinamis yang kompleks, seperti
konflik antar individu dan kelompok. salah satu hambatan untuk pengembangan dan
adopsi seperti lingkungan belajar interaktif di masa lalu adalah bahwa potensi
distribusi terbatas.
5. Pencarian
jaringan
Pendidik
melihat Web sebagai database yang sangat besar yang dapat digunakan oleh siswa
untuk menghasilkan jawaban mereka sendiri untuk pertanyaan. Dodge (1995)
menciptakan format WebQues untuk perancah informasi pengalaman pemecahan
masalah. Sebuah WebQuest terdiri dari setidaknya empat komponen: sebuah
pengantar yang menetapkan konteks untuk tugas siswa, tugas penyelidikan atau
pencarian, satu set situs Web terpilih dengan informasi yang relevan dengan
pencarian, dan saran tentang bagaimana untuk memproses informasi yang dapat
ditemukan pada Web.
6. Sistem
manajemen kursus
Aplikasi
perangkat lunak yang memberikan dorongan untuk instruksi berbasis Web adalah
sistem manajemen kursus (CMS), yang dikembangkan pada akhir 1990-an dan
momentum berkumpul di awal 2000-an. CMS adalah stelan aplikasi, mengikat
bersama semua layanan yang disebutkan sebelumnya, sehingga siswa dapat log in
sekali dan memiliki semua layanan komunikasi mereka tersedia dengan satu klik,
tanpa melompat masuk dan keluar dari Web.
7. Muncul
aplikasi
Ada
banya janji pendidikan dalam fungsi dan fitur aplikasi internet dan Web baru yang
muncul. Web blog (blog), misalnya, memberikan tingkat tinggi interaktivitas
antara pengguna, yang bisa menjadi instruktur dan peserta didik. guru dapat
memposting online informasi program terbaru bagi siswa, dan para guru dan siswa
memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam sangat interaktif, hingga ruang
online menit di mana mereka dapat menempatkan teks, gambar, video, dan musik
untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diberikan domain konten.
8. Media
mobile
Selain
itu, sementara sebagian besar akses internet dicapai melalui komputer desktop
siap-Internet, telah terjadi kecenderungan mengakses internet melalui lebih
kecil, perangkat portable seperti telepon digital, jam tangan, komputer laptop,
komputer kompak, komputer genggam, dan personal digital assistant (PDA). Sumber
daya ini, bersama dengan teknologi mobile lainnya seperti perangkat game dan
MP3 player, menjadi lebih dan lebih norma dan suatu hari nanti dapat
menggantikan komputer desktop sebagai cara utama di mana informasi di Internet
(misalnya, e-mail, forum diskusi, blog, wiki, dan aplikasi lainnya) diakses dan
berinteraksi dengan.
9. Sistem
elektronik pendukung kinerja
Sistem
pendukung kinerja elektronik mungkin terbaik digambarkan sebagai database
elektronik diakses Web yang menyediakan informasi dalam hanya dalam waktu mode
untuk karyawan dalam suatu organisasi. Sebuah EPSS sering mengambil bentuk dari
"bantuan" sistem untuk membantu karyawan memecahkan masalah yang
berhubungan dengan pekerjaan.
D. Penerapan
sumber teknologi pendidikan terhadap pendidikan agama islam
Secara
falsafi, dasar keilmuan itu meliputi, ontology atau rumusan tentang gejala
pengamatan yang dibatasi pada suatu pokok,
epistemology yaitu usaha atau prinsip intelektual untuk memperoleh
kebenaran dalam pokok telaah yang ditentukan dan askiologi atau nilai-nilai
yang menentukan kegunaan dari pokok telaah yang ditentukan, yang mempersoalkan
nilai moral atau etika dan nilai seni dan keindahan atau estetika.[2]
Beberapa anggapan yang disepakati sebelum membahas dasar patokan pembelajaran
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan
yang selalu berubah-ubah
2. Jumlah
pendudukan yang semakin bertambah
3. Sumber-sumber
tredisional semakin terbatas
4. Hak
setiap pribadi untuk dapat berkembang semaksimal mungkin
5. Masyarakat
berbudaya teknologi
Berdasarkan anggapan diatas dapat diketahui bahwa
ada serangkaian gejala-gejala yang belum tergarap secara baik antara lain :
1. Adanya
sejumlah besar yang belum terpenuhi kesempatan belajarnya baik yang diperoleh
oleh suatu lembaga khusus, maupun yang diperoleh secara mandiri.
2. Adanya
berbagai sumber yang belum dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
3. Perlu adanya suatu usaha khusus yang terarah
dan terancam untuk menggarap sumber-sumber terebut agar dapat terpenuhi hasrat
belajar seseorang.
4. Perlu
adanya pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan dan memanfaatkan
sumber untuk belajar tersebut secara efektif, efesien dan selaras.
Keempat gejala di atas merupakan rujukan bidang
teknologi pendidikan. Pendekatan yang berbeda menjamin hsil yang diharapkan.
Pendekatan ini mempunyai empat syarat pendekatan yaitu :[3]
1. Pendekatan
isomeristik.
2. Pendekatan
sinergistik
3. Pendekatan
sistematik
4. Pendekatan
sistemik
Teknologi
pendidikan merupakan disiplin ilmu terapan, artinya ia berkembangan karena
adanya kebutuhan dilapangan, dengan kata lain adalah kebutuhan belajar.
Penerapan teknololgi pendidikan dalam pembelajaran dimaksudkan agar belajar
lebih efektif, efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih cepat dan lebih bermakna
bagi kehidupan orang yang belajar. Ditinjau dari pengertian teknologi secara
umum adalah proses yang dapat meningkatkan nilai tambah produk yang digunakan
dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja stuktur, yang dimana
proses dan produk tersebut dikembangkan dan digunakan, semua bentuk teknologi
adalah sistem yang diciptakan oleh manusia untuk maksud dan tujuan tertentu
untuk mempermudah manusia dalam meringankan usahanya, meningkatkan hasilnya,
dan menghemat tenaga dan sumber daya yang ada.[4]
Menelusuri
pandangan al-Qur’an tentang teknologi, mengundang kita menengok kepada sekian
banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan alam raya. Menurut para Ulama terdapat
sekitar 750 ayat al-Qur’an yang berbicara tentang alam raya dan fenomenanya,
dan memerintahkan manusia untuk mengetahui dan memanfaatkannya. Adanya potensi
dan tersedianya lahan yang diciptakan Allah, serta ketidakmampuan alam raya
untuk membangkang perintah-Nya, kesemuanya mengantarkan manusia berpotensi
untuk memanfaatkan yang ditundukkan Tuhan itu. Keberhasilan memanfaatkan alam
itulah buah teknologi.
Peningkatan mutu pendidikan semakain diarahkan
pada perluasan inovasi pembelajaran baik pada pedidikan formal maupun
non-formal dalam rangka mewujudkan proses yang efisien, menyenangkan dan
mencerdaskan sesuai tingkat usia, kematangan, serta tingkat perkembangan
peserta didik. Sebagai bidang Teknologi Pendidikan merupakan penerapan teori
dan praktik secara terpadu mencakup kelima domain atau kawasan, yaitu Design,
Development, Utilization, Management, Evaluation. Bidang kegiatan tersebut
semuanya tertuju untuk memecahkan masalah belajar manusia. Sebagai profesi
Teknologi Pendidikan terbentuk dari usaha yang direncanakan secara sistematis
(terorganisir) guna melaksanakan teori, teknik intelektual dan penerapan
praktis Teknologi Pendidikan. Sebagaimana konsep yang tertera pada Associate
Educational Comunication and Technology, berikut ini:Educational technology is
the study and ethical practice of facilitating learning and improving
performance by creating, using, and managing appropriate technological
processes and resources.[5]
Pengetahuan
tentang hal terakhir ini mengantar ilmuan kepada rahasiarahasia alam, dan pada
gilirannya mengantarkan pada penciptaan teknologi yang menghasilkan kemudahan
dan manfaat bagi manusia. Disini kita menoleh kepada teknologi dan hasil-hasil
yang telah dipersembahkannya. Kalaulah untuk mudahnya kita jadikan alat atau
mesin sebagai gambaran kongkrit tentang teknologi. Mesin - mesin dari hari
ke hari semakin canggih. Mesin-mesin tersebut dengan bantuan manusia bergabung
satu dengan lainnya. Sehingga ia semakin kompleks, ia tidak bisa lagi
dikendalikan oleh seorang, namun ia dapat melakukan pekerjaan yang dilakukan
banyak orang. Dalam tahap ini, mesin telah menjadi semacam “seteru” manusia,
atau hewan yang harus disiasati agar ia mau mengikuti kehendak manusia. Dewasa
ini, lahir teknologi, khususnya dibidang rekayasa genetika, yang dapat mengarah
untuk menjadikan alat sebagai bantuan, bahkan menciptakan bakal-bakal alat yang
akan diperbudak dan tunduk kepada alat. Tetapi jika hasil teknologi sejak
semula diduga dapat mengalihkan manusia dari asal tujuan penciptaan, maka sejak
dini Islam menolak kehadiran hasil-hasil teknologi.
Karena itu menjadi
persoalan bagi martabat kemanusiaan bagaimana memadukan kemampuan mekanik
manusia untuk menciptakan teknologi, dengan pemeliharaan nilai-nilai fitrahnya.
Bagaimana mengarahkan teknologi sehingga dapat berjalan seiring dengan
nilai-nilai Rabbany, atau dengan kata lain bagaimana memadukan antara fikir ,
dzikir, ilmu, dan iman.
Pendidikan dianggap tidak berhasil apabila
tidak menghasilkan keterikatan pada syariat Islam walaupun peserta didik
menguasai ilmu pengetahuan. Pendidikan Islam adalah upaya sadar yang
terstruktur, terprogram, dan sistematis yang bertujuan mengembangkan manusia
yang berkepribadian Islam, menguasai tsaqofah Islam, dan menguasai ilmu
kehidupan (sains teknologi dan seni) yang memadai, dan selalu menyelesaikan
masalah kehidupan sesuai dengan syariat Islam.
Seorang peserta didik harus dikembangkan semua
jenis kecerdesannya baik itu intelektual, spiritual, emosional, dan politiknya.
Kompetensi penguasaan ilmu yang cukup mencakup tsaqofah Islam maupun ilmu
kehidupan, disertai sikap seseorang atas dasar Islam akan membuat ia selalu
menyelesaikan segala masalah yang dihadapinya sesuai dengan syariat Islam baik
itu masalah pribadi, keluarga, masyarakat, dan Negara.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi adalah keseluruhan sarana
untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan
kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dari
konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Penemuan prasejarah dari
kemampuan untuk mengendalikan api telah meningkatkan ketersediaan sumber daya
alam, sedangkan penciptaan roda untuk membantu orang-orang di jalan, dan
mengendalikan lingkungan mereka.
Teknologi
seringkali merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa meskipun teknologi
sebagai aktivitas manusia sering mendahului kedua domain tersebut sebagai
contoh, ilmu pengetahuan bisa mempelajari aliran elektron dalam konduktor
listrik, dengan menggunakan peralatan, dan pengetahuan yang telah ada
sebelumnya.
Memodifikasi
sumber daya menunjukkan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak yang
digunakan dalam pendidikan harus dipilih dengan pertimbangan kesesuaian mereka
dan kompatibilitas dengan tujuan pendidikan.
Kriteria
efektivitas dan efisiensi sekarang harus disertakan. Efektivitas mengacu pada
kesesuaian dan kompatibilitas sumber daya yang diberikan berkaitan dengan
tujuan instruksional tertentu kemungkinan menghasilkan hasil dan positif
keberlanjutan dalam pengaturan lokal. Efisiensi mengacu pada penggunaan yang
bijaksana waktu dan sumber daya, termasuk upaya teknologi pendidikan itu
sendiri, karena anggaran setiap orang terbatas, pembeli harus mempertimbangkan
mana perangkat keras dan perangkat lunak akan memberikan manfaat terbesar bagi
sebagian besar peserta didik atau manfaat terbesar bagi keberhasilan
organisasi.
Selain
alat-alat, bahan, dan perangkat, istilah media yang juga digunakan di lapangan,
meskipun dengan sejumlah arti yang berbeda. Dalam bahasa populer,
"media" mengacu pada perusahaan komunikasi massa (bisnis misalnya,
radio, televisi, atau koran). Dalam teknologi pendidikan, istilah secara
historis telah digunakan untuk menunjuk sistem pengiriman melalui mana pesan
disampaikan dengan hal-pengguna dicetak, proyeksi masih-gambar, televisi, radio,
film suara, dan sejenisnya. atau bisa lihat bahan ajar sendiri-biaya overhead
transparansi, slide, filmstrips, kaset, dan sejenisnya. Saat ini istilah ini
paling sering digunakan untuk merujuk pada perangkat fisik yang menyimpan data
(misalnya, disket, flash drive, CD, kaset video, atau DVD-ROM). Dengan
demikian, ia cenderung menjadi istilah mencakup semuanya yang bisa mengacu pada
alat, bahan, atau perangkat.
B. Saran
Setelah
membaca makalah ini diharapkan pembaca bisa mengerti tentang Sumber Teknologi
Pendidikan. Dan dapat memahami penggunaan berbagai Sumber Teknologi secara maksimal agar segera tercapai
tujuan pendidikan yang ditargetkan bersama, dan media apa yang paling sesuai
untuk diterapkan terhadap peserta didik. Kami sangat membutuhkan saran untuk
proses perbaikan makalah ini kedepannya
DAFTAR
PUSTAKA
Alan Januszewski & Michael Molenda, Educational
Technology: A Definition with Commentary, (Laurence Erlbaum Associates,
2008)
Rusman,
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Depok : PT
Raja Grafindo Persada, 2012)
Yusufhadi
Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada
Media Group, 2007)
Deni
Darmawan, Teknologi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
2011)
[1] Yusuf Hadimiarsa, Teknologi
Komunikasi Pendidikan, (Jakarta : Rajawali, 1986), hlm 4
[2]
Yusuf
hadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana
Prenada Media Group, 2007), hal 87
[3]
Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Depok ;
PT Raja Grafindo Persada, 2012), hal 69.
[5] Alan Januszewski & Michael
Molenda, Educational Technology: A Definition with Commentary, (Laurence
Erlbaum Associates, 2008), hal 102.
No comments:
Post a Comment